Naruto Uzumaki Pointing Finger> >

ucapan

SELAMAT DATANG DI ZIDANEBLOGZZONE SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, KALAU ADA YANG KURANG MENGESANKAN TOLONG DIMAAFKAN

Pages

 

Monday 8 April 2019

Sedekah

0 comments

Nah, masih bersama saya di http://zidanemedia.blogspot.com/ kali ini saya akan kembali memberikan suatu-suatu artikel yang bermanfaat untuk kita ketahui bersama, nah kali ini saya akan menjelaskan lebih dekat apa itu yang disebut dengan Sedekah.


A. Makna sedekah

       Makna sedekah adalah apa yang engkau berikan kepada kaum fakir karena Allah SWT. Orang yang memberi sedekah dinamakan mutashaddiq. Sedekah berasal dari kata ash-shidqu yang berarti benar,baik dalam perkataan,maupun perbuatan,dan shadaqah dapat dikatakan a’tha yang berarti memberi.
       Sedangkan ,Ahmad Athiyatullah mengatakan dalam al-qamus al-islami,”shadaqah,dengan memfathahkan huruf yang pertama dan kedua adalah apa yang diberikan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.tanpa paksaan.”menurut syar’I sedekah bermakna amal yang muncul dari hati yang penuh dengan iman yang benar, niat yang shahih dan bertujuan untuk mengharap ridho AllahSWT.

B. Ragam sedekah



       Secara umum, makna sedekah meliputi seluruh amal kebajikan dan meninggalkan kemungkaran. Rasulullah saw.bersabda,dan diriwayatkan oleh Abu Dzar RA:
               “Berapa sahabat berkata kepada rasulullah .”ya rasulullah orang-orang kaya pergi dengan membawa pahala yang banyak,mereka mengerjakan shalat sebagaimana yang kami kerjakan,dan mereka juga berpuasa sebagaimana yang kami kerjakan,dan mereka juga dapat bersedekah dengan kelebihan harta mereka.


0 comments:

Post a Comment