Naruto Uzumaki Pointing Finger> >

ucapan

SELAMAT DATANG DI ZIDANEBLOGZZONE SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, KALAU ADA YANG KURANG MENGESANKAN TOLONG DIMAAFKAN

Pages

 

Tuesday 16 April 2019

Resensi 10 Buku : Kopi Luwak

0 comments

Judul : Halal atau Haram kejelasan menuju keberkahan
Nama penulis : Ahmad Sarwat, Lc.,M.A
Penerbit : Pt. Gramedia Pustaka Utama
Hal : 237 halaman
Harga : Rp 30.000


Kopi Luwak


Dalam pandangan mazhab Al-hanafiyah dan Asy-syafi'iyah semua kotoran hewan adalah benda najis, baik hewan itu halal dagingnya maupun haram dagingnya.

kotoran hewan (ghaith) adalah semua benda yang keluar dari kemaluan baik berupa benda cair, padat maupun gas. kopi luwak adalah kopi yang menggunakan biji kopi dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. dengan kata lain, kopi ini jika benar-benar diambil dari kotoran hewan maka hukumnya najis.

     Konon, biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.
     kemashurannya kopi luwak dikawasan asia tenggara telah lama diketahui, tetapi baru dikenal luas dikalangan peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an. biji kopi luwak adalah yang termasuk yang paling mahal didunia, mencapai USD100 per 450 gram.

     Kemashuran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan hindia belanda smapai dekade 1950-an. saat itu masih banyak luwak atau lengkapnya musang luwak. binatang ini senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak, termasuk kopi sebagai makananya. luwak akan memili buah kopi yang betul-betul masak. dan setelah memakannya biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotorannya.

seperti dalil hadits yang menjelaskan riwayat HR. Bukhari Muslim:


صَلُّوا فِيهَا فَإِنَّهَا بَرَكَةٌ

Silakan shalat di kandang kambing, di sana mendatangkan keberkahan (ketenangan).”

0 comments:

Post a Comment