Naruto Uzumaki Pointing Finger> >

ucapan

SELAMAT DATANG DI ZIDANEBLOGZZONE SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, KALAU ADA YANG KURANG MENGESANKAN TOLONG DIMAAFKAN

Pages

 

Monday 11 March 2019

ASEAN

0 comments
ASSALAMUALAIKUM...

nah masih bersama saya di http://zidanemedia.blogspot.com/ kali ini saya akan menjelaskan apa itu ASEAN ? siapa saja anggota ASEAN ? dan kapan didirikannya ASEAN? 




ASEAN adalah suatu organisasi geo politik dan ekonomi yang terletak di kawasan asia tenggara. dan ASEAN didirikan di bangkok 8 agustus 1967 berdasarkan deklarasi bangkok oleh indonesia, filifina, singapura, myanmar, dan thailand. organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, perkembangan kebudayaan anggota-anggotanya. 

ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4.46 juta km atau setara 3% luas daratan di bumi. dan memiliki populasi mendekati 600 juta orang atau setara 8,8% total populasi dunia. luas wilayah lautan ASEAN 3 kali lipat luas daratannya, pada tahun 2010 kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1,8 triliun dolar AS, jika ASEAN adalah intetitas tunggal maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar ke-9 setelah amerika serikat, cina, jepang, jerman, prancis, brasil, inggris, dan italia.

prinsip utama ASEAN : 

  1. menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara.
  2. hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas campur tangan subversif atau koersi pihak luar.
  3. tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota.
  4. penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai.
  5. menolak penggunaan kekuatan yang mematikan.
  6. kerja sama efektif antara anggota.

0 comments:

Post a Comment