Naruto Uzumaki Pointing Finger> >

ucapan

SELAMAT DATANG DI ZIDANEBLOGZZONE SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, KALAU ADA YANG KURANG MENGESANKAN TOLONG DIMAAFKAN

Pages

 

Monday 15 April 2019

Resensi 10 Buku : Asal Mula Dinasti Umayyah

0 comments
Judul : Sejarah Kebudayaan Islam
Nama penulis : Muhammad arifin,s.ag m.ag
Penerbit : Pt. Bintang Ilmu
Hal : 137 halaman
Harga : Rp 125.000


Proses Terbentuknya Pemerintahan Umayyah



Setelah khalifah Utsman bin affan terbunuh, maka orang yang menggantikannya ialah Ali bin abi thalib. namun ada beberapa orang yang tidak puas terhadap kepemimpinan Ali bin abi thalib tersebut karena lambat dalam mencari pelaku pembunuhan khalifah Utsman bin affan. Muawiyah adalah orang yang tidak puas terhadap kepemimpinan pada masa khalifah ali bin abi thalib. khalifah ali akhirnya dibunuh oleh orang yang tidak menyukainya, yaitu : Abdurahman al-mu'jam. khalifah Ali akhirnya diganti oleh putranya yang bernama Hasan bin ali bin abi thalib tersebut. namun, tidak berlangsung lama karena terjadinya gejolak politik yang berkepanjangan dan muawiyah yang berambisi untuk menjadi khalifah selanjutnya melakukan berbagai cara agar ia dapat menjadi pemimpin. Hasan pun menyerahkan tahta kekhalifahannya kepada muawiyah bin abu sufyan sehingga muawiyahlah yang menjadi khalifahnya.

Pembentukan dinasti umayyah

Dinasti umayyah muncul pada peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat islam, yaitu peristiwa amul jamaah ( rekonsilasi umat islam ) di maskin. dekat madain, kuffah pada tahun 41 H. bertepatan dengan tahun 661 M.

peristiwa ini merupakan sejarah yang tidak dapat dilupakan bagi umat islam karena peristiwa ini merupakan awal dari penyerahan khalifah ( kekuasaan ) dari Hasan bin ali bin abi thalib kepada Muawiyah bin abi sufyan. pada saat itu, Hasan bin ali bin abi thalib melakukan sumpah setia serta mengakui Muawiyah bin abi sufyan sebagai pemimpin umat islam yang sah, pengakuan ini kemudian secara serempak diikuti oleh seluruh pendukungnya yang mayoritas berada di kuffah, irak.




0 comments:

Post a Comment