Naruto Uzumaki Pointing Finger> >

ucapan

SELAMAT DATANG DI ZIDANEBLOGZZONE SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, KALAU ADA YANG KURANG MENGESANKAN TOLONG DIMAAFKAN

Pages

 

Tuesday 16 April 2019

Resensi 10 Buku : Teori Sebagai Alat Pengontrol

0 comments
Judul : Filsafat Ilmu
Nama penulis : Prof. Dr. Ahmad Tafsir
Penerbit : Pt. ROSDA
Hal : 247 halaman
Harga : Rp 35.000


Teori Sebagai Alat Pengontrol



     Ekspalanasi merupakan bahan untuk membuat ramalan dan kontrol. ilmuwan selain mampu membuat ramalan berdasarkan eksplanasi gejala. juga dapat membuat kontrol.

     Agar kurs rupiah menguat, perlu ditangguhkan pembayaran hutang yang jatuh tempo, jadi pembayaran utang diundur. apa yang dikontrol ? yang dikontrol ialah kurs rupiah terhadap dollar agar tidak naik. kontrolnya ialah kebutuhan terhadap dollar dikurangi dengan cara menagguhkan pembayaran hutang dalam dollar.

     Agar kontrol lebih efektif sebaiknya kontrol tidak hanya satu macam, dalam kelas ekonomi ini dapat kita tambah kontrol, umpamanya menagguhkan pembangunan proyek yang memerlukan bahan import, kontrol sebenarnya merupakan tindakan-tindakan yang diduga dapat mencegah terjadinya gejala yang tidak diharapkan atau gejala yang memang diharapkan.

     Ayah dan ibu sudah cerai, diprediksi : anak-anak mereka akan nakal. adakah yang efektif agar anak-anak itu tidak nakal? ada, upaya itulah yang disebut dengan kontrol. dalam kasus ini mungkin pamannya, bibinya, kakeknya atau bahkan neneknya dapat megetahui fungsi ayah dan ibu mereka.
perbedaan prediksi dalam kontrol ialah prediksi bersifat pasif takkala ada kondisi tertentu,  maka kita dapat membuat prediksi, misalnya akan terjadi ini, itu dan begini. sedangkan kontrol bersifat aktif terhadap sesuatu terhadap keadaan kita membuat tindakan-tindakan agar terjadi ini, itu, begini dan begitu.

0 comments:

Post a Comment