Naruto Uzumaki Pointing Finger> >

ucapan

SELAMAT DATANG DI ZIDANEBLOGZZONE SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT, KALAU ADA YANG KURANG MENGESANKAN TOLONG DIMAAFKAN

Pages

 

Monday 8 April 2019

Apa Itu Hadits Shahih?

0 comments
Nah, masih bersama saya di http://zidanemedia.blogspot.com/ kali ini saya akan kembali memberikan suatu-suatu artikel yang bermanfaat untuk kita ketahui bersama, nah kali ini saya akan menjelaskan lebih dekat apa itu yang disebut dengan Hadits Shahih?



 Definisi hadits sahih menurut Ibnu Shalah adalah:
         Yang Artinya :  Hadits sahih adalah hadits musnad (hadits yang mempunyai sanad) yang bersambung sanadnya, dan dinukil oleh seorang yang adil dan dabit dari orang yang adil dan dabit,hingga akhir sanadnya, tanpa ada kejanggalan dan cacat.

  Dari definisi tersebut diatas, dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan hadits sahih yaitu hadits yang sanadnya bersambung (tidak putus) dan para rowi yang meriwayatkan hadits tersebut adalah adil dan dabit, serta dalam matan hadits tersebut tidak ada kejanggalan.
  Untuk memudahkan dalam memahami definisi hadits sahih diatas, dapat dijelaskan bahwa hadits sahih adalah hadits yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
a. Haditsnya musnad. Maksudnya yaitu hadits tersebut disandarkan kepada Nabi saw.dengan disertai sanad.

b. Sanadnya bersambung. Artinya, antara rowi dari sanad hadits tersebut pernah bertemu langsung dengan gurunya.

c. Seluruh rowinya adil dan dabit. Maksud rowi yang adil yaitu rowi yang bertaqwa dan menjaga kehormatan dirinya, serta dapat menjauhi perbuatan buruk dan dosa besar seperti syirik,fasik,dan bid'ah. Adapun yang dimaksud dengan dabit adalah kemampuan seorang rowi dalam menghafal hadits(kuat dan akurat hafalannya).

d. Tidak ada syaz.Artinya, hadits tersebut tidak bertentangan dengan hadits dari rowi lain yang lebih kuat darinya.

e.Tidak ada 'illah.Artinya, dalam hadits tersebut tidak ditemukan cacat yang merusak kesahihan hadits

0 comments:

Post a Comment